Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengatasi Gyroscope Tidak Berfungsi di HP android

3 Cara Mengatasi Gyroscope Tidak Berfungsi di HP android
3 Cara Mengatasi Gyroscope Tidak Berfungsi di HP android
Infogambar.com - Cara Mengatasi Gyroscope Tidak Berfungsi di HP android - Salah satu keunggulan HP android dibandingkan dengan gadget lainnya yakni banyaknya dukungan fitur canggih. Perangkat Android dibekali dengan berbagai fitur yang fungsinya tidak lain untuk memanjakan para penggunanya. Dengan adanya fitur-fitur tersebut, aktivitas harian pengguna akan dipermudah.

Salah satu fitur yang disediakan di perangkat HP android yakni fitur Gyroscope. Fitur satu ini dulunya difungsikan sebagai petunjuk arah atau kompas. Namun, seiring berkembangnya teknologi HP android sekarang ini Gyroscope juga digunakan untuk fungsi lainnya. Salah satunya untuk mendukung permainan dalam game online, seperti PUBG Mobile dan lainnya. Namun, terkadang fitur Gyroscope mengalami error sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik. Lantas, bagaimana cara mengatasi Gyroscope tidak berfungsi tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini!

Cara Mengatasi Gyroscope Tidak Berfungsi Paling Ampuh

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan fitur Gyroscope tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Mungkin karena sistem android yang bermasalah, komponen HP rusak atau yang lain sebagainya. Yang terpenting di sini adalah bagaimana cara untuk mengatasi masalah Gyroscope error tersebut.
Adapun langkah-langkah mengatasi fitur Gyroscope yang tidak berfungsi selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melakukan Restart HP Android


Cara yang pertama untuk mengatasi fitur Gyroscope tidak berfungsi yakni dengan melakukan restart. Cara satu ini diklaim mampu mengatasi berbagai masalah error ringan di HP android, termasuk Gyroscope yang tidak berfungsi.
Tidak hanya bisa mengatasi Gyroscope yang tidak berfungsi, merestart HP juga akan membuat performa kinerjanya menjadi cepat dan responsif.

2. Melakukan Kalibrasi Gyroscope


Jika dengan merestart HP android tetap tidak bisa mengatasi masalah tersebut, maka cara kedua ini bisa Anda jadikan alternatif. Melakukan kalibrasi fitur Gyroscope diklaim juga sangat ampuh mengatasi masalah Gyroscope yang error atau tidak berfungsi tersebut. Namun, langkah-langkahnya ini mungkin terbilang rumit untuk pengguna awam.

Adapun langkah-langkah untuk kakibrasi Gyroscope di HP android selengkapnya, sebagai berikut:
  1. Langkah yang pertama Anda buka menu Panggilan atau Dial Up di HP android. 
  2. Jika Anda pengguna HP Samsung, maka bisa ketik kode *#0*# lalu tekan tombol Panggil. Untuk tipe HP android lain mungkin akan berbeda kode rahasia untuk masuk ke menu pengetesan hardware HP. 
  3. Pada halaman baru yang muncul, selanjutnya Anda masuk ke menu Sensor. 
  4. Di sana akan ditampilkan beberapa fitur sensor di HP android. Karena di sini kita akan melakukan kalibrasi Gyroscope, maka tekan tombol Gyro Selftest yang ada di bagian Gyroscope Sensor. Untuk melakukan cara ini, pastikan Anda menaruh HP di bidang yang datar. 
  5. Proses kalibrasi akan mulai berjalan, tunggu sampai prosesnya selesai. 
  6. Akan muncul hasil kalibrasi Gyroscope. Jika di bagian paling bawah terdapat tulisan PASS, itu berarti fitur Gyroscope sudah bisa berfungsi dengan baik. Namun, jika tulisan yang muncul adalah FAIL artinya Gyroscope tidak bisa diperbaiki. 


3. Melakukan Factory Reset HP Android


Cara terakhir untuk mengatasi Gyroscpope tidak berfungsi dengan baik yakni dengan melakukan reset HP android. Cara ini akan mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik, sehingga semua data yang ada di memori internal akan terhapus secara permanen. Karena itulah, sebelum mereset HP sebaiknya Anda lakukan backup data terlebih dahulu.

Mereset HP android diklaim akan mampu mengatasi berbagai masalah error dan bug yang dialami HP. Biasanya cara ini juga akan mampu memperbaiki masalah pada sensor, termasuk sensor Gyroscope.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Gyroscope tidak berfungsi yang paling mudah dan ampuh. Semoga informasi di atas bermanfaat.