Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Doppelganger?

Mari Mengenal lebih jauh tentang Doppelganger. infogambar.com
Mari Mengenal lebih jauh tentang Doppelganger. infogambar.com
infogambar.com - Apa itu Doppelganger?. Doppelgaenger adalah kata yang berasal dari bahasa Jerman, yaitu doppel (ganda) dan Gaenger (perjalan).

Lalu, apa sebenarnya arti dari kata doppelganger itu? Doppelganger diartikan sebagai double goer atau double walker dalam Bahasa Jerman yang artinya ‘pasangan hantu’ dari seseorang yang masih hidup.

Menurut legenda, kemunculan doppelganger dapat diartikan sebagai pertanda akan terjadinya hal buruk yang akan menimpa dirimu atau kerabat dekatmu bila ia yang melihatnya,pertanda bukurnya yaitu baik itu penyakit, kesialan, atau bahkan kematian, menyeramkan bukan?.

Ada Sedikit fakta menyeramkan yaitu Doppelganger pernah dialami oleh Queen Elizabeth I, Ia merupakan Ratu yang berkuasa di Inggris pada tahun 1558-1603. Ia di kenal sebagai orang yang karismatik, cerdas dan berwibawa. Suatu hari Ia mengaku bahwa ia melihat Doppelganger dirinya yang berbaring tak bergerak di ranjang bagaikan mayat. Hal itu terus menerus menghantui dirinya karena merupakan pertanda kematian.

Akan tetapi dikatakan bahwa hal tersebut hanya sebuah halusinasi semata karna dirinya sudah tua. Namun ternyata Queen Elizabeth I meninggal tidak selang beberapa lama setelah ia melihat Doppelganger dirinya.

Jika doppelganger dilihat oleh orang lain, biasanya ia sudah melakukan kegiatan terlebih dahulu sebelum si ‘orang asli’ melakukan kegiatan tersebut atau dengan kata lain, doppelganger tersebut mendahului pergerakan orang yang asli. Atau bisa juga doppelganger berbentuk suatu bayangan yang melakukan gerakan identik tapi setelah kejadian tersebut terjadi.

Menurut cerita rakyat, doppelganger ini tidak mempunyai bayangan, dan tidak mempunyai pantulan di cermin atau air. Namun, walau begitu banyak laporan bahwa mereka melihat kembaran mereka sendiri ketika melihat cermin, baik itu di sebelah pantulan wajah kita sendiri, atau bahkan pantulan wajah sendiri namun dengan raut muka ataupun posisi yang berbeda.

Kejadian paling terkenal dari penemuan doppelganger ini adalah kejadian yang dialami oleh Presiden Amerika ke-16, Abraham Lincoln. Menurut laporan, pada tahun 1860 setelah dinobatkan sebagai presiden, ia melihat kembaran gandanya pada saat ia bercermin. Sang doppelganger terlihat lebih pucat, sakit, dan lemah dibandingkan wajah asli Abraham Lincoln.

Kejadian tersebut diberitahukan kepada istrinya, sehingga istrinya khawatir akan pertanda buruk tersebut. Ia merasa bahwa kehadiran doppelganger membawa kabar buruk untuk suaminya yaitu yang menandakan bahwa Abraham Lincoln akan menyelesaikan periode pertamanya, namun tidak akan hidup untuk menyelesaikan periode keduanya. Dan secara mengejutkan hal tersebut memang benar-benar terjadi. Abraham Lincoln ditembak di teater Ford, Washington, Amerika Serikat, di tahun 1865.

Doppelganger bukanlah suatu bayangan. Mereka biasanya terlihat oleh orang itu sendiri, karena Doppelgaenger merupakan sebuah pantulan. Doppelgaenger orang tersebut akan memberi nasihat seputar masa depan orang yang melihatnya. Biasanya, orang yang melihat Doppelgaenger akan mati beberapa tahun setelah ia didatangi oleh Doppelgaenger.

Itulah Ulasan tentang doppelganger itu, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga : 5 Cara Berkenalan dengan Wanita