Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara melacak HP Android Hilang Menggunakan Gmail

Cara melacak HP Android hilang menggunakan Gmail - infogambar.com
Cara melacak HP Android hilang menggunakan Gmail
Infogambar.com - Cara melacak HP Android hilang menggunakan Gmail - Betapa paniknya ketika HP android kesayangan menghilang secara tiba tiba. Hasilnya, pikiran Anda tentu sudah kemana mana dan tidak bisa berfikir secara jernih. Apalagi kalau di dalam Handphone android tersebut terdapat file atau dokumen yang penting seperti video, foto, data media sosial dan lain sebagainya. Jangan khawatir, ketimbang terus kesal dan bingung, ada cara untuk melacak ponsel Anda yang hilang menggunakan Email Google.

Teknologi yang semakin canggih bisa Anda gunakan sebagai solusi untuk mencari HP Android atau Smartphone Anda yang hilang. Tahukah Anda? Pada dasarnya setiap hal yang Anda lakukan menggunakan HP Android, maka semua aktifitas tersebut akan disimpan pada server google. Bukan dengan tujuan memata matai, tapi hal ini sangat berguna dimasa sekarang atau mendatang ketika HP Anda hilang.


Salah satu yang direkam oleh Google adalah lokasi atau GPS Anda. Kemanapun Anda pergi, mulai dari waktu tempuh, jarak, jam pergi dan tiba, jalur yang dilalui dan lain lain semua direkam. Nah, melalui fitur inilah Anda bisa melacak keberadaan HP yang hilang. Anda bisa memanfaatkan Email sebagai solusi terbaik. Bagaimana caranya? Untuk itu simak langkah langkah praktisnya di bawah ini.

Cara melacak HP hilang menggunakan Google Email

  1. Gunakan perangkat elektronik lainnya. Anda bisa meminjam HP Android atau Smartphone teman atau kerabat Anda sementara sebagai media untuk melacak.
  2. Buka dan jalankan browser pada perangkat yang Anda pinjam tersebut. Ketikkan pada kolom browser “gmail.com” setelah itu tekan “enter” untuk menuju halamannya.
  3. Berikutnya setelah Anda berhasil masuk kedalam halaman log in Gmail, maka langsung ketikkan nama email yang Anda gunakan di HP yang hilang tersebut. Kemudian pilih opsi “Berikutnya”
  4. Jangan lupa untuk masukkan sandi dari email tersebut. Sebaiknya Anda perlu terus ingat nama email beserta kata sandinya untuk memudahkan pelacakan. Apabila Anda seorang yang pelupa cobalah gunakan catatan pribadi di buku catatan atau tempat lain yang aman dan selalu Anda bawa kemana mana.
  5. Setelah selesai mengetikkan password, klik kembali “Berikutnya”
  6. Nah, cara selanjutnya dapat dilakukan jika Anda sudah masuk kedalam halaman pesan masuk email Anda. Cobalah perhatikan simbol garis atau strip tiga yang terdapat pada bagian pojok kiri di atas. Klik atau pilih simbol tersebut.
  7. Geser atau scroll layar kebagian bawah sampai Anda mendapatkan opsi “Desktop” lalu klik.
  8. Nah, pada tahap ini tampilan Gmail Anda akan berubah. Awalnya bermode mobile ke mode desktop. Berikutnya Anda bisa langsung memilih opsi “Akun Google” yang letaknya berada di bagian pojok kanan atas.
  9. Pada bagian ini Anda akan diarahkan ke akun Google Anda. Anda bisa melakukan scroll ke bagian bawah dan memilih opsi untuk “Mulai”
  10. Lalu pilih “Temukan Ponsel Anda” atau opsi “HP hilang”
  11. Pada tahap ini, Anda diharuskan memasukkan kembali kata sandi dari email Anda tersebut. Hal ini sangat penting untuk pengkonfirmasian dari pihak google untuk memastikan bahwa yang sedang melakukan proses pelacakan ini adalah memang pemilik resmi dari akun tersebut dan bukan orang lain. Hal ini dilakukan demi keamanan Anda. Maka isi saja passwordnya kembali dan klik opsi “Berikutnya”
  12. Kemudian lanjutkan dengan memilih opsi “Temukan”
  13. Nah, setelah itu akan ditampilkan penampakan dari lokasi Ponsel Anda yang hilang. Biasanya disimbolkan dengan tanda kotak oren yang menunjukkan dimana keberadaan HP Anda tersebut. Perhatikan tempat dan lokasi yang ditunjukkan dan segeara cari ponsel Anda sesuai dengan lokasi di gambar.

Hal hal yang perlu Anda perhatikan ketika melacak Ponsel

Dengan mengikuti pembahasan cara melacak HP melalui gmail sesuai dengan langkah langkah diatas, Anda akan melihat beberapa poin poin penting yang ditonjolkan. Hal ini juga baik untuk persiapan ketika sewaktu waktu HP Anda hilang. Poin pertama yang disebutkan adalah Anda harus tahu email atau password yang terpasang pada ponsel Anda yang mungkin nanti akan tiba tiba hilang.

Poin kedua yang bisa Anda perhatikan adalah agar lebih cepat dan mudah dalam pelacakan pastikan koneksi internet Anda selalu lancar. Hal ini berpengaruh karena tentunya posisi Handphone bisa berubah ubah. Untuk menyesuaikan dengan cepat letak lokasinya, Anda membutuhkan jaringan koneksi internet yang bagus.

Hal yang bisa Anda lakukan ketika sudah berada di lokasi Ponsel

Apabila jarak Anda dengan HP sudah sangat dekat, sekitar 10 meter dari perangkat yang hilang, Anda bisa memanfaatkan opsi deringkan yang tersedia. Seketika Anda mengklik opsi tersebut maka HP akan mengeluarkan suara dering yang sangat kencang meskipun HP di silent atau di heningkan, Anda bisa mendengar dan menuju asal suara HP tersebut.

Hal yang penting untuk mengantisipasi Ponsel Hilang

Nah, untuk memudahkan semua cara yang sudah dibahas diatas, setidaknya Anda perlu mengantisipasi sejak dini terjadinya kehilangan HP. Bagaimana caranya? Pertama tama pastikan bahwa HP yang Anda miliki sudah terpasang dengan Email atau Gmail dengan GPS yang sinkronisasi selalu aktif sehingga posisi real time HP akan terus terpantau setiap waktu.

Inilah teknik yang sederhana dan praktis untuk mendapatkan HP Android Anda yang hilang entah karena dicuri atau memang karena Anda lupa meletakkannya. Yang terpenting, jangan panik terlebih dahulu dan cobalah berfikir tenang. Dengan menerapkan tips dan trik ampuh ini, kemungkinan Anda bisa menemukan kembali Handphone kesayangan Anda. Cara lain yang mungkin Anda temui adalah lewat line dan Whatsapp.

Cara jitu menemukan ponsel yang hilang ini bisa Anda gunakan meskipun HP dalam keadaan nonaktif atau mati sekalipun. Memang mencari perangkat yang mati bisa dikatakan lebih sulit, namun ini tidak berarti bahwa Android Anda tidak bisa ditemukan. Maka, segera lakukan teknik pelacakan ini setelah Anda menyadari HP Anda yang hilang. Semoga berhasil.