Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara menyembuhkan Sariawan dengan Cepat dan Alami

10 Cara menyembuhkan Sariawan dengan Cepat dan Alami
Cara menyembuhkan Sariawan dengan Cepat
infogambar.com - 10 Cara menyembuhkan Sariawan dengan Cepat. Sariawan adalah salah satu penyakit umum yang bisa dialami oleh semua orang. Penyebabnya pun beranekaragam mulai dari kekurangan vitamin, mineral, adanya infeksi , tidak sengaja menggigit bagian dalam pipi ataupun lidah, alergi sampai dengan perubahan hormon. Bagaimana cara mengatasinya? Ada berbagai cara alami dan cepat untuk menyembuhkan sariawan yang perlu Anda ketahui.

Dibandingkan harus menggunakan obat dengan bahan kimia, bahan alami yang ada disekitar kita jauh lebih baik dan mudah untuk dimanfaatkan. Misalnya kandungan dan ekstrak alami dalam buah dan sayuran tertentu mampu akan berperan secara aktif untuk meringankan nyeri sariawan dan menyembuhkannya dalam waktu yang singkat.  Bahkan beberapa diantaranya menyembuhkan tanpa rasa perih.

Sariawan ringan pada gusi, pinggir bibir, lidah maupun bagian dalam pipi umumnya tidak memerlukan pengobatan secara khusus. Dalam waktu 1 sampai 2 minggu sariawan cenderung dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, Anda tentu tidak akan tahan akan rasa sakitnya sehingga tidak bisa makan dan aktivitas lain pun bisa terganggu. Yuk, obati sariawan Anda dengan beberapa tips dan trik pengobatan alami di bawah ini.

Cara menyembuhkan sariawan dengan cepat dan alami

1. Daun Saga dan akar manis

Daun saga dan akar manis sebenarnya sejak dulu sudah dikenal memiliki khasiat untuk menyembuhkan sariawan dengan cepat. Tanaman ini sendiri disebut sebagai obat herbal sariawan karena di dalamnya terdapat efek antiradang, antibakteri dan antioksidan yang bagus untuk mempercepat penyembuhan sariawan dan luka lainnya yang Anda alami.

2. Daun Sirih

Daun sirih populer dengan berbagai manfaatnya. Tidak jarang tanaman ini sering digunakan dalam pengobatan secara tradisional dengan khasiatnya untuk menyembuhkan. Salah satunya adalah untuk mengobati luka sariawan. Sifatnya yang antiradang, antibakteri dan antioksidan sangat ampuh untuk mempercepat proses penyembuhan dengan mudah. Inilah sebabnya daun sirih biasanya digunakan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

3. Minyak kelapa

Mengoleskan minyak kelapa pada daerah yang terkena sariawan juga merupakan cara yang direkomendasikan untuk mengatasi sariawan. Minyak kelapa sudah dipercaya sejak dulu dapat mencegah adanya penyebaran sariawan karena infeksi bakteri dan menyembuhkan secara tepat tanpa rasa nyeri yang parah. Selain itu minyak kelapa ini dapat membantu Anda untuk mengurangi kemerahan dan nyeri pada sariawan.

4. Madu

Selain minyak kelapa, madu juga dapat dioleskan pada area sariawan Anda untuk mempercepat proses penyembuhan serta mengurangi rasa sakit. Menurut beberapa penelitian pun, madu mampu secara efektif untuk mencegah adanya infeksi, membantu penyembuhan luka seperti luka sariawan dan masih banyak lagi yang lainnya. Rasa nya yang enak pun bisa menjadi pilihan yang tepat, sebab penggunaannya untuk mengobati luka sariawan juga tidak perih.

Untuk menyembuhkan sariawan dengan madu Anda bisa mengoleskannya sebanyak 4 kali sehari. Tips yang peru Anda ingat adalah lebih baik untuk memilih madu yang tidak dipanaskan dengan suhu yang tinggi atau pasteurisasi.

5. Es batu

Siapa sangka ternyata es batu bisa dijadikan sebagai bahan yang murah untuk menyembuhkan sariawan. Apalagi nyeri pada saat mengunyah makanan dan minum air tentu Anda memerlukan cara yang lebih praktis untuk meringankan nyeri sariawan bukan? Cobalah untuk mengemut sebuah es batu pada daerah di sekitar sariawan Anda atau mengompresnya. Dengan demikian nyeri sariawan Anda akan terasa lebih ringan.

6. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat. Umumnya digunakan untuk kesehatan rambut tapi tahukah Anda? Gel lidah buaya juga dapat digunakan sebagai untuk obat sariawan. Cara penggunaannya pun cukup mudah untuk diikuti yakni mengambil ekstrak gel lidah buaya nya dan mengoleskan nya pada area sariawan. Atau bisa dijadikan sebagai area bilasan pada area sariawan yakni dengan menggabungkan air mineral secukupnya.

7. Pasta Cabai

Mendengar nama cabai mungkin Anda memikirkan betapa seramnya menggunakan pengobatan dengan cabai. Tapi tidak seseram itu kok. Obat sariawan yang satu ini cocok untuk Anda yang suka dan tahan akan rasa pedas. Cabai sendiri mempunyai kandungan capsaicin yang sebenarnya mampu menyembuhkan sariawan dengan ampuh. Rasa pedas dan panasnya akan terasa setelah Anda oleskan namun, dengan demikian sariawan bisa cepat sembuh loh.

8. Air Garam

Berkumur dengan air garam juga adalah salah satu cara yang praktis untuk Anda yang ingin segera mengatasi sariawan dengan efesien. Sebagaimana yang kita tahu garam mengandung zat yodium yang mampu  mengobati sariawan dengan khasiat yang ampuh. Cara pemanfaatannya pun sangat sederhana. Anda hanya perlu perlu berkumur dengan garam yang sudah dilarutkan ke dalam air mineral.

Air garam bisa mengusir bakteri dan kuman yang menyebabkan luka sariawan berkelanjutan. Untuk hasil yang lebih efektif, Anda bisa berkumur secara rutin yakni minimal dalam dua kali sehari. Niscaya pengobatan dengan sederhana bisa membantu Anda mengatasinya dengan cepat.

9. Yoghurt

Selanjutnya adalah meminum yoghurt. Berbeda dengan cara cara sebelumnya yang sudah kita bahas, cara ini sangat mudah dilakukan bukan? Apalagi yoghurt memiliki rasa yang nikmat dengan aneka rasa yang begitu menggoda, jadi bisa dikatakan cara ini menjadi teknik yang paling enak untuk dilakukan dalam mengatasi sariawan Anda.

Di dalam yoghurt terdapat kandungan untuk melawan berbagai bakteri jahat serta kuman sebagai penyebab dari sariawan. Anda bisa mengonsumsi hanya yoghurt saja atau dengan menggabungkannya dengan bahan lain seperti madu yang juga memiliki khasiat yang serupa.

10. Teh Chamomile

Tahukah Anda manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan dari memanfaatkan teh chamomile? Sebenarnya manfaatnya ada banyak sekali. Kalau biasanya sangat nikmati ketika cuaca yang dingin, teh ini juga bisa untuk mengobati sariawan dengan baik loh. Kandungan zat bernama lovemenol  lah yang mampu mengatasi peradangan seperti sariawan.

Cara pemanfaatan untuk mengobati sariawan dengan bahan alami ini cukup mudah. Bungkus tehnya dengan menggunakan handuk atau semacamnya dengan permukaan lembut. Handuk tersebut kemudia direndam selama kurang lebih 5 menit, diangkat lalu dikompreskan pada area yang terkena sariawan. Mudah sekali bukan? Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Uraian diatas adalah informasi lengkap terkait cara terbaik untuk mengobati sariawan Anda menggunakan obat alami dari alam. Dengan cara sederhana yang praktis Anda akan merasakan manfaat yang baik lainnya selain untuk menyembuhkan sariawan. Obat herbal tersebut sudah digunakan sejak lama dan terkenal akan khasiatnya.

Namun, apabila sariawan Anda tidak kunjung sembuh juga, segera untuk periksakan ke dokter kepercayaan Anda. Khususnya jika sariawan semakin parah seperti berukuran besar terasa sangat perih meskipun Anda sudah mengonsumsi obat pereda nyeri. Hal ini juga berlaku untuk sariawan yang disertai dengan deman serta susah makan dan minum. Semoga bermanfaat.