Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Hard Disk Tidak Terdeteksi Di Explorer

Cara Mengatasi Hard Disk Terdeteksi Di Windows Tapi Tidak Muncul Di Explorer
Cara Mengatasi Hard Disk Terdeteksi Di Windows Tapi Tidak Muncul Di Explorer
infogambar.com - Mengatasi Hard Disk Terdeteksi Di Windows Tapi Tidak Muncul Di Explorer.  Hard disk adalah sebuah komponen perangkat keras (hardware) untuk mendukung komputer atau laptop dalam menyediakan ruang untuk menyimpan data atau output dari berbagai proses data di komputer, itu adalah pengertian dari harddisk, nah sekarang mari kita bahas masalah yang sering terjadi, yaitu Hard Disk Terdeteksi Di Windows Tapi Tidak Muncul Di Explorer.

Kejadian ini saya alami saat saya mempunyai komputer baru, kemudian saya tancapkan hard disk eksternal saya ke port usb dengan tujuan memindahkan data - data saya dan berhasil terdeteksi di Windows dengan tanda "Safely Remove Hardware" di toolbar muncul, tapi setelah saya buka explorer kenyataan hardik saya tidak terlihat, saya refresh berapa kali sampai saya cabut pasang dan pindah port USB hasilnya tetap sama. Hard disk tetap tidak muncul dalam explorer namun windows tetap mmendeteksi bahwa ada drive yang terhubung. Menurut saya ini sama dengan bohong, saya tetap tidak bisa memindhkan data - data saya. saya sempat berpikir kalau hard disk saya mulai mengalami masalah tapi saya colokkan ke komputer lain, malah normal - normal saja dan terlihat di explorer seperti umumnya.
Setelah bertanya - tanya tentang masalah ini akhirnya saya mendapatkan solusi pemecahannya supaya hardisk saya terbaca di explorer. Caranya cukup mudah dan simpel, lihat metode langkah - langkah berikut :

Cara Mengatasi Hard Disk Tidak Muncul Di Explorer

1. Tancapkan Hard disk anda ke USB port, kemudian setelah terdeteksi, klik di control panel  -> Administrative Tools -> Computer Management -> Storage -> Disk Management, lalu lihatlah di 'Disk Management', disini contoh saya mempunyai 2 hardisk.Disk 0, terdiri dari 4 partition, yaitu :

Cara Mengatasi Hard Disk Terdeteksi Di Windows Tapi Tidak Muncul Di Explorer
  • System: tempat system reverse, ini hanya system untuk file penting2 windows jadi abaikan saja, tapi jangan dihapus karena penting.  
  • C: Sebagai tempat Sistem OS Windows  berada.
  • D: Tempat data - data disimpan
  • Dan yang terakhir tanpa nama: itu adalah OS Linux
Sedangkan Disk 1, hanya terdiri dari 1 partition dan isinya adalah data. Tapi kenapa yang muncul diexplorer hanya C & D? Nah, tapi kenapa yang Disk 1 tidak terbaca? Padahal isinya hanya data-data saja. Setelah saya utak - atik ternyata karena Disk 1 tidak diberikan Letter/Tanda Alfabet.

Bagaimana cara memberikan tanda alfabet pada Hard disk?

2. Setelah di menu Disk Management, Klik kanan pada hardisk yang tidak terdeteksi tersebut klik 'Change Drive Letter' , Klik add, setelah itu pilih letter hardisk apa yang kamu inginkan, dan klik OK

Cara Mengatasi Hard Disk Terdeteksi Di Windows Tapi Tidak Muncul Di Explorer

3. Tutup dan lihat di Explorer, Taaraaa, akhirnya hard disk kamu sudah terlihat di Explorer

Cara Mengatasi Hard Disk Terdeteksi Di Windows Tapi Tidak Muncul Di Explorer

Itulah cara mengatasi Hard Disk Terdeteksi Di Windows Tapi Tidak Muncul Di Explorer

Sekian informasi dari saya, semoga dapat membantu, jika ada pertanyaan bisa diajukan dikolom komentar