Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tak Diduga, Indonesia Telah Digambarkan di Al Quran, Ada Pesan Penting dari Allah SWT

infogambar.com  - Ada pesan penting yang tersirat didalamnya

Ustaz Jayadi menunjukkan bahwa ada ayat Al Quran yang menggambarkan kekayaan alam seperti halnya Indonesia. Pada ayat tersebut, Allah SWT memberikan pesan penting bagi manusia.


Allah SWT menciptakan bumi dengan sangat sempurna, sebagai tempat hidup manusia, hewan, tumbuhan secara berdampingan.

Kemudian Allah SWT meminta kepada mahkluk-Nya saja untuk beribadah dan juga menjadi pemimpin di bumi. Bumi terdiri dari 70 persen wilayah lautan dan juga 30 persen wilayah daratan.

Sebab, seluruh wilayahnya digenangi air laut yang bewarna biru, maka bumi disebut juga sebagai planet biru.

Indonesia diketahui mempunyai 17.504 pulau dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia. Selain itu, menurut Data Asian Development 2009 menunjukkan bahwa wilayah pesisir Indonesia merupakan rumah untuk ribuan spesies dalam laut.

Pendakwah yang juga anggota TNI, Ustadz Mayor Laut (KH) Jayadi, M.A dikutip dari Okezone menjelaskan, bahwa Indonesia terdiri dari 70 persen lautan dan 30 persen daratan.

Menurutnya dari 6.236 total ayat dalam al-Qur’an, ada 45 ayat membicarakan tentang lautan dan juga daratan. Kemudian 32 ayat bicara tentang lautan dan 13 ayat tentang daratan.

“Jika dipersenkan 70 persen membicarakan lautan dan 30 persen membicarakan daratan,” katanya.

Dalam Alquran Allah SWT berfirman:

وَهُوَ الَّذِي سَخَّرَ الْبَحْرَ لِتَأْكُلُوا مِنْهُ لَحْمًا طَرِيًّا وَتَسْتَخْرِجُوا مِنْهُ حِلْيَةً تَلْبَسُونَهَا وَتَرَى الْفُلْكَ مَوَاخِرَ فِيهِ وَلِتَبْتَغُوا مِن فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“Dan Dialah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daging yang segar (ikan) darinya, dan (dari lautan itu) kamu mengeluarkan perhiasan yang kamu pakai. Kamu (juga) melihat perahu berlayar padanya, dan agar kamu mencari sebagian karunia-Nya, dan agar kamu bersyukur.” (QS. an-Nahl: 14)

Dengan nikmat dan karunia yang diberikan Allah SWT untuk Indonesia, menurut Jayadi, masyarakat bisa memanfaatkan untuk kebutuhannya serta selalu bersyukur kepada Allah SWT.

“Karena di dalamnya terdapat berbagai macam kekayaan, jika kita maanfaatkan dan kelola secara optimal, Insyallah akan dapat memajukan dan mensejahterakan rakyat Indonesia. Itulah anugrah Allah yang diberkan kepada masyarakat Indonesia,” kata Jayadi.

Meski sekilas ayat tersebut bisa dimaknai dari berbagai sudut pandang, tapi dari kacamata sebagai rakyat Indonesia, kita pun bisa mengambil banyak pelajaran penting.

Diantaranya adalah memahami kebesaran Allah SWT melalui penciptaannya yang sungguh luar biasa. Salah satunya adalah laut, laut yang tampak tenang tersebut nyatanya memiliki beragam karunia yang melimpah untuk kita. Mulai dari makanan, perhiasan, hiburan dan lainnya.

Dengan pemahaman itu, kita sebagai hamba Allah akan senantiasa bersyukur karena telah diberikan nikmat yang begitu besarnya.

Dan sikap bersyukur itu tak hanya sekedar diwujudkan dengan ucapan Alhamdulillah. Melainkan juga upaya untuk menjaga kelestarian laut dan merawatnya dengan baik.

Sehingga kelak, kekayaan alam itu terus bertahan dan bisa dinikmati oleh keturunan-keturunan kita.