Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tidak untuk Semua Penerima BLT, Ini Isi SMS Konfirmasi BLT 600 Ribu dan Tujuannya

Bukan SMS penipuan.

Tak perlu khawatir jika mendapat SMS konfirmasi dari pihak BPJS. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk konfirmasi penerimaan bantuan. Namun direktur BP Jamsostek ingatkan agar peserta tak membagikan data ke pihak manapun.



Program BLT Rp 600 ribu untuk karyawan swasta bergaji di bawah Rp 5 juta masih terus dalam proses pencairan.



Pemerintah memang secara bertahap mentransfer uang ke sejumlah rekening penerima. Namun belum lama ini banyak karyawan was-was karena menerima SMS konfirmasi yang mengatasnamakan BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek).

SMS tersebut berisi pesan kepada penerima untuk segera melakukan registrasi data.

SMS itu Bukan Penipuan

Di media sosial, sudah terkonfirmasi bahwa SMS tersebut bukanlah penipuan. Hal tersebut juga dibenarkan oleh Direktur Utama BP Jamsostek, Agus Susanto.

Agus menjelaskan bahwa pesan tersebut dikirimkan secara personal pada para pekerja yang memang berpotensi lolos kriteria Permenaker 14/2020.



Tidak Ditujukan pada Semua Peserta

SMS tersebut disampaikan pada peserta yang telah berhenti bekerja dan mencairkan Jaminan Hari Tua atau JHT, namun masih tercatat sebagai peserta aktif pada 30 Juni 2020.



Artinya, pekerja yang kepesertaannya masih aktif memang tidak mendapat pesan tersebut.



Setelah menerima SMS tersebut, peserta diharapkan segera melakukan konfirmasi melalui website bsu.bpjamsostek.id.

Langkah pertama adalah mengklik tautan link website BPJS tersebut. Kemudian klik tombol biru 'Berikutnya' di sebelah kanan bawah

Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi nama bank dan nomor rekening yang aktif untuk pencairan BLT. Jangan lupa untuk mengklik kode capthca.

Terakhir, jika datanya sudah benar, klik tombol biru di sebelah kanan bawah.

Tetap Berhati-hati

Meski SMS berisi tautan ini bukanlah penipuan, Agus tetap meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati.

Guna menghindari potensi penipuan, peserta yang memenuhi persyaratan diharapkan tak membagikan data ke pihak manapun. Hal ini karena BPJS sudah memiliki database yang mencatat profil peserta.

Nah jadi bagi yang memang memenuhi syarat diatas dan menerima SMS tak perlu khawatir ya. Pastikan website untuk mengisi data adalah benar-benar website bsu.bpjamsostek.id.

Setelah kamu yakin alamat websitenya benar, selanjutnya segera isi data ya agar uang BLT bisa dikirim ke rekeningmu. Selamat mencoba!